-->
Resep Membuat Bola Nasi Isi Abon

Resep Membuat Bola Nasi Isi Abon

Resep Membuat Bola Nasi Isi Abon
Resep Bola Nasi Isi Abon - Lama ya gak nge-blog, biasa penyakit malas melanda hiiikss. Selain lagi malas, kesibukan di luar rumah juga mulai menyita waktu. Biasanya selesai masak ya langsung berangkat, boro-boro mau fotoin, bisa tetap masak tiap hari aja saya udah bersyukur banget hihihi. Iya laah walau lagi repot, tetap diusahakan masak buat keluarga. Bikin cemilan juga yang gampang-gampang aja dan itu berarti gak jauh-jauh dari puding dan gorengan hahaha. Ampuun dah.

Saya bikin bola nasi ini tentu saja dalam rangka menghabiskan sisa nasi. Bahasa kerennya bitterbalen nasi atau ada juga yang bilang arancini. Kebetulan setelah semua selesai makan sore, masih ada sisa nasi. Biasanya saya selalu masak nasi waktu subuh. Ketika tau ada sisa nasi yang kebayang jelas bukan nasi goreng, karena udah keseringan. Bukan juga nasi bakar karena bikinnya lumayan lama. Akhirnya saya bikin bola nasi aja. Saya pakai isian abon pedas karena memang yang ada cuma itu. Untuk nasinya juga cuma saya masak lagi dengan air kaldu agar lebih lunak dan gurih. Dulu pernah  juga saya bikin yang isian mozarella, silahkan bisa dilihat disini.

Bola Nasi Isi Abon

Bahan Bahan
  • 350 gram nasi (1 piring)
  • 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
  • 200 ml air kaldu
  • 1-2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Abon secukupnya
  • Minyak goreng

Bahan Pelapis
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Tepung panir secukupnya

Cara Membuat Bola Nasi Isi Abon

1. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.

2. Masukkan nasi, aduk-aduk hingga rata kemudian bumbui garam, gula pasir dan merica bubuk.

3. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit, masak hingga air meresap.  Test rasa hingga sesuai selera. Matikan api dan biarkan hangat.

4. Pulung nasi dan pipihkan, beri isian abon dan bentuk bulat. Lakukan hingga habis.

5. Celupkan bola nasi ke kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung panir. Proses ini bisa diulang 2x agar panirnya lebih tebal dan merata. Simpan kurang lebih 1 jam di kulkas agar tepung panir menempel.

6. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga keemasan, Angkat dan tiriskan.

Mau yang lebih special? Campurkan nasi dengan daging atau ayam cincang, enaaak deh. Karena lagi gak punya, jadi bikinnya polosan aja yaa hihihi. Kalau mau bikin bola nasi abon seperti ini, pakai abon yang enak ya biar rasanya tambah mantap.

Saya bikin bola nasi ini malam hari, jadi setelah selesai disimpan di kulkas dan besok pagi tinggal goreng aja. Enak disajikan untuk sarapan atau oke juga untuk bekal.

Selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Resep Membuat Bola Nasi Isi Abon