-->
Cara Tepat Haluskan Bumbu Dengan Blender. Begini Trik dan Tipsnya

Cara Tepat Haluskan Bumbu Dengan Blender. Begini Trik dan Tipsnya

Cara Tepat Haluskan Bumbu Dengan Blender. Begini Trik dan Tipsnya
Perpaduan berbagai bumbu dan rempah merupakan dasar dari cita rasa dan aroma berbagai masakan, terutama pada masakan Indonesia. Idealnya, bumbu dan rempah dihaluskan dengan cara diulek,

sehingga rasa dan aromanya lebih kuat. Tapi mengulek bumbu untuk resep masakan rumah memang membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga dibandingkan bila Ibu menghaluskan bumbu dengan blender. Agar bumbu yang Ibu haluskan dengan blender memiliki rasa dan aroma yang tidak kalah dengan bumbu ulek, lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Tambahkan minyak pada bahan-bahan yang akan diblender. Bila sudah ditambahkan minyak, Ibu tidak perlu menambahkan minyak lagi pada saat akan menumis atau memasak. Yang perlu Ibu ingat adalah hindari menambahkan air pada bahan yang akan diblender, karena penambahan air akan membuat bumbu halus butuh waktu yang lebih lama saat dimasak dan bisa membuat bumbu menjadi tidak matang.

2. Memarkan bahan-bahan sebelum diblender, misalnya bawang putih dan kemiri. Teknik ini dilakukan untuk membantu mengeluarkan minyak atsiri alami dari bumbu dan rempah yang akan membuat bumbu halus menjadi lebih harum dan nikmat.

3. Sebelum diblender, sebaiknya bahan-bahan ditumis dulu hingga agak layu. Langkah ini perlu dilakukan agar bumbu halus tidak berbau mentah atau langu. Bila dihaluskan dengan cara diulek, bumbu dan rempah biasanya tidak perlu ditumis terlebih dulu karena bumbu dan rempah yang diulek akan mengeluarkan minyak atsiri alami yang harum.

4. Dahulukan bahan-bahan bertekstur keras atau berserat seperti serai, lengkuas, jahe, dan lain-lain. Setelah bumbu sudah mulai halus, tambahkan bahan lain yang lebih lunak seperti bawang merah, bawang putih, terasi, air asam, dan lain-lain. Teknik ini perlu dilakukan agar bumbu halus dengan merata.

Dengan cara menghaluskan bumbu yang tepat dengan blender, Ibu bisa mendapatkan bumbu halus yang nikmat dengan lebih mudah. Proses memasak pun jadi lebih praktis, terutama untuk berbagai resep masakan rumah yang mengandalkan bumbu halus sebagai elemen utama hidangan, seperti pada resep Ikan Goreng Siram Bumbu Taliwang. Perpaduan bumbu yang dihaluskan dengan ikan yang dibumbui dengan Royco Bumbu Komplit Ikan Goreng akan membantu Ibu menghidangkan sajian lezat dengan jauh lebih mudah. Menyajikan hidangan lezat untuk keluarga pun tidak lagi memerlukan waktu yang lama!
Advertisement

Baca juga:

Cara Tepat Haluskan Bumbu Dengan Blender. Begini Trik dan Tipsnya